Senin, 28 April 2014

Pengertian Pembelajaran

Menurut Gagne dan Briggs pembelajaran merupakan sebagai suatu rangkaian events (kejadian, peristiwa, keadaan,dan sebagainya) yang secara sengaja dirancang untuk mempengaruhi pelajar sehingga proses belajarnya dapat berlangsung dengan mudah. 
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasiliti, peralatan, dan prosedur yang saling mempengaruhi bagi mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran yang dimaksud di sini merupakan  kurikulum yang menuntut sikap proaktif  guru dalam menciptakan dan memodifikasi aktiviti pelajar bersesuaian dengan perancangan yang telah dibuat. Yang menjadi kunci  atau persoalan pokok dalam rangka menentukan tujuan pembelajaran adalah keperluan pelajar, mata pelajaran atau bidang pembelajaran yang diajarkan dan guru itu sendiri. Berdasarkan silibus/ sukatan pelajaran yang ada dalam kurikulum, hasil-hasil pembelajaran yang diinginkan oleh guru dapat ditentukan. Guru sendiri adalah sumber utama tujuan bagi para pelajar. Sehubungan itu, guru seharusnya mampu menentukan tujuan-tujuan pembelajaran yang bermakna dan dapat diukur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ATP SD KELAS 1

 ATP (ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SD KELAS 1 BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS PPKn MATEMATIKA PEND AGAMA ISLAM PJOK SENI MUSIK SENI TARI SENI RU...