Senin, 10 Juli 2023

SIFAT KOLOID PEMBAHASAN

 PEMBAHASAN PERCOBAAN SIFAT KOLOID

Sifat-sifat yang dimiliki koloid antara lain, efek tyndall, gerak brown, bermuatan, adsorpsi, dan koagulasi. Gerak brown, bermuatan, adsorpsi, dan koagulasi berkaitan dengan interaksi antara partikel terdispersi dan medium pendispersi.

Efek tyndall merupakan penghamburan sinar oleh koloid. Susunan partikel dalam koloid akan menghamburkan cahaya yang masuk. Jika berkas sinar dilewatkan melalui suspensi partikel-partikel akan menahan berkas sinar. Jika berkas sinar itu dilewatkan melalui larutan maka seluruh berkas sinar tidak tertahan.

Gerak brown adalah gerak zig-zag partikel-partikel koloid secara terus menerus dan tidak terarah. Gerak brown diakibatkan oleh interaksi antara partikel-partikel koloid dengan molekul-molekul pendispersinya.

Koloid menjadi bermuatan listrik akibat adanya penyerapan ion pada permukaan koloid. Ada dua jenis muatan listrik yang dimiliki koloid yaitu bermuatan positif dan bermuatan negatif.

 Adsorpsi merupakan sifat lain yang dimiliki koloid. Dalam sifat ini koloid menyerap partikel oleh permukaan zat. Hal ini dapat terjadi karena permukaan koloid sangat besar.

  Pada percobaan kali ini kita menggunakan larutan dari putih telor yang dikocok sehingga menjadi larutan. Jika larutan putuh telor tadi dicampur dengan larutan ammonium jenuh akan merubah warna larutan menjadi putih keruh. Jika dicampur dengan alkohol 96% larutan putih telor tadi juga mengalami perubahan warna, warnanya menjadi putih keruh juga. Larutan putih telor juga mengalami perubahan warn ajika dipanaskan dengan air suling atau air murni, warnanya putih agak kekeruhan. Pada campuran putih telor dengan air cuka yang dipanaskan juga mengalami perubahan terutama pada warna, dari bening berubah menjadi putih keruh.

Perbedaan mencolok terjadi pada larutan putih telor yang dicampur dengan asam nitrat, tidak hanya warna tetapi juga menimbulkan perubahan lain, terdapat busa-busa yang keluar. Sama halnya dengan dicampur asam nitrat, larutan putih telor yang dicampur dengan CuSO4 dan ditambah KOH mengalami perubahan yang signifikan, warnanya menjadi kuning kecoklatan.  


BACA JUGA

SIFAT KOLOID DASAR TEORI

SIFAT KOLOID ALAT DAN BAHAN

SIFAT KOLOID HASIL PERCOBAAN

SIFAT KOLOID RANGKUMAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ATP SD KELAS 1

 ATP (ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN SD KELAS 1 BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS PPKn MATEMATIKA PEND AGAMA ISLAM PJOK SENI MUSIK SENI TARI SENI RU...